November 29, 2021

Apakah Arti Menolong Allah SWT dalam Al-Qur'an



Hikmahdanhikmah.com - Allah SWT berfirman dalam surat Muhammad ayat 7 (yang artinya), “Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian menolong Allah, niscaya Dia akan menolong kalian dan meneguhkan kedudukan kalian.”

Maha suci Allah SWT dari membutuhkan orang lain. Istilah ‘Menolong Allah SWT’ di sini adalah majas yang memiliki makna melaksanakan perintah-Nya dan menolong agama dan Rasul-Nya. Inti dari istilah tersebut adalah sebagai berikut. Pekerjaan-pekerjaan atau ibadah-ibadah dalam agama adalah pekerjaan-pekerjaan yang dituntut agar dilakukan dengan kehendak para hamba sendiri, bukan dengan paksaan. 

Oleh karena itu, seorang hamba akan memperoleh pahala atas amal perbuatan yang dilakukan dengan kehendaknya sendiri dan niat yang baik. Maka dari itu, khidmah para hamba dengan kehendaknya sendiri untuk melaksanakan perintah-perintah Allah SWT diistilahkan dengan ‘Menolong Allah SWT’.

Maksudnya, setelah beriman, apabila kalian berkhidmah dengan cara berniat dan mengerahkan usaha kalian yang merupakan syarat dalam melaksanakan perintah-perintah Allah SWT dan meraih ridha-Nya, Dia pun akan menolong kalian dan memberikan kalian kemenangan atas musuh-musuh kalian. Selain itu, Dia akan meneguhkan langkah kalian, tidak akan menggoyahkan kaki kalian di tempat-tempat berjihad, dan akan mengunggulkan kalian dengan ketekunan dan keteguhan.

Allah SWT juga berfirman dalam surat Muhammad ayat 11 (yang artinya), “Yang demikian itu karena Allah pelindung bagi orang-orang yang beriman, sedangkan orang-orang kafir, tidak ada pelindung bagi mereka.”

Benar, Allah SWT adalah pelindung orang-orang yang beriman, yakni wali dan penolong mereka. Adapun orang-orang kafir tidak memiliki pelindung. Maksudnya, mereka tidak memiliki wali dan penolong yang akan menyelamatkan mereka dari azab dan siksaan Allah SWT. 

Dalam ayat ini, kata “Maula” berarti wali dan penolong. Yakni, ‘Allah SWT adalah walinya orang-orang mukmin” sebagaimana telah disebutkan dalam surat Ali Imran ayat 68 bahwa Allah SWT adalah sahabat dan penolong orang-orang mukmin, bukan orang-orang kafir.

Ayat (yang artinya) ‘Jika kalian menolong Allah, Allah pun akan menolong kalian’ dikhususkan untuk orang-orang yang beriman. (Elmalili, Tafsir Hak  Dini Kuran Dili, Penerbit Fazilet)

Sumber artikel:Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar