Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Sayidah Hafshah R.Anha putri Sayidina Umar bin Khattab RA


Sayidah Hafshah R.Anha

Hikmahdanhikmah.com - Salah seorang ummul mukminin sekaligus istri mulia Rasulullah SAW adalah Sayidah Hafshah (R.Anha). Ia adalah putri Sayidina Umar bin Khattab RA dan ibunya bernama Zainab binti Mazh’un.

Ia lahir di kota Makkah Al-Mukarramah pada tahun 605 M.

Ia berhijrah ke Madinah Al-Munawwarah bersama suami pertamanya, Hunais bin Hudzafah RA. Hunais RA terluka dalam Perang Badar lalu gugur ketika kembali dari peperangan.

Kemudian, Rasulullah SAW menikahinya pada tahun ke-3 Hijriah. Malaikat Jibril AS berkata kepada Rasulullah SAW mengenai dirinya, “Sesungguhnya ia termasuk orang yang banyak berpuasa dan melakukan shalat. Selain itu, ia adalah istrimu di surga.”

Baca juga : Puasa Bulan Ramadhan adalah Perintah Allah SWT

Ketika ditanya tentang bagaimana tempat tidur Rasulullah SAW, ia memberikan jawaban sebagai berikut,

“Tempat tidur Rasulullah SAW adalah sebuah bulu kempa Arab yang dilipat menjadi dua. Beliau tidur di atasnya. Suatu malam aku berpikir, ‘Aku akan melipat bulu kempa itu menjadi empat bagian agar menjadi lebih lembut untuk Rasulullah SAW.’ Lalu, aku pun melipatnya menjadi empat bagian. Demikianlah beliau tidur di atasnya. Pagi harinya ketika bangun tidur, Rasulullah SAW bertanya,

‘Tempat tidur apa yang kalian hamparkan untukku semalam?’ Kami pun menjawab,

‘Tempat tidur yang biasa engkau gunakan setiap malam. Akan tetapi, kami menghamparkannya dengan melipatnya menjadi empat bagian, bukan dua bagian, agar lebih lembut untukmu.’

Lalu, beliau berkata, ‘Kembalikan itu ke bentuknya semula!”

Ia adalah salah seorang ahli fikih di antara para sahabat. Ia telah meriwayatkan 60 hadis dari Rasulullah SAW. Sementara itu, banyak sahabat dan tabi’in yang telah meriwayatkan hadis darinya.

Ia wafat di Madinah Al-Munawwarah pada usia 60 tahun, tepatnya pada tahun 45 H di masa kekhalifahan Muawiyah RA, lalu dimakamkan di pemakaman Baqi’. (Radhiyallāhu ‘anhā)

Sumber artikel;Fazilet takvimi

Baca juga : warisan para nabi adalah ilmu

Posting Komentar untuk "Mengenal Sayidah Hafshah R.Anha putri Sayidina Umar bin Khattab RA "

banner 800x90