November 28, 2021

Ada 7 Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan



Hikmahdanhikmah.com –Disamping menjadi kegiatan sosial yang bermanfaat bagi orang lain, donor darah ternyata memiliki 7 manfaat kesehatan bagi pendonor sendiri. Tingginya manfaat melakukan donor darah membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendorong banyak orang untuk sering melakukan donor draah. Setetes darah yang kita donorkan sangat berarti bagi saudara kita yang membutuhkan.

Berikut 7 manfaat melakukan donor darah bagi kesehatan :

1. Membantu menurunkan risiko kanker
Banyak orang yang belum tahu kalau sering donor darah bisa menurunkan resiko kanker. Hal ini disebabkan karena kadar zat besi yang terlalu tinggi bisa memicu kanker. Dengan melakukan donor darah, maka kita bisa mengurangi kadar zat besi dalam tubuh kita

2. Menurunkan risiko kerusakan hati dan pankreas
Manfaat donor darah yang kedua adalah menurunkan resiko kerusakan hati dan pankreas. Kerusakan hati dan pakreas bisa disebabkan karena tingginya kadar zat besi dalam tubuh kita. Kurangi zat besi dalam tubuh kita dengan sering melakukan donor darah.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung
Bukan hanya menurunkan resiko kanker, kerusakan hati dan pankreas saja, sering melakukan donor darah juga bisa bermanfaat bagi kesehatan jantung kita dengan berkurangnya kadar zat besi dalam tubuh kita. Masalah jantung yang sering dialami jika kelebihan zat besi adalah adanya gangguan irama pada jantung.

4. Menurunkan berat badan
Tidak ketinggalan pula berat badan turun juga bisa disebabkan karena sering melakukan donor darah. Jadi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan tapi tidak mau merasa lapar, maka sering melakukan donor darah bisa menjadi alternatif yang tepat untuk membuat berat badan kita ideal.

5. Melancarkan aliran darah
Seseorang yang sering melakukan donor darah ternyata memiliki sirkulasi darah lebih bagus dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah melakukan donor darah. Sirkulasi darah yang lancar sangat bagus bagi kesehatan jantung dan mencegah berbagai macam penyakit.

6. Merangsang produksi sel darah baru
Dengan mengurangi jumlah darah dengan melakukan donor, maka secara otomatis tubuh kita akan memproduksi sel darah merah baru. Hal ini sangat bagus bagi kesehatan kita.

7. Manfaat psikologis
Manfaat donor darah yang ke tujuh adalah berdampak baik pada psikologis seseorang.  Seperti halnya kalau kita bersedekah, maka akan muncul rasa bahagia karena bisa berbagi dengan sesama. Begitu juga kalau kita donor darah, kita bisa memberikan sumbangan darah bagi mereka yang membutuhkan.

Sumber : Kompas.com

Manfaat Rutin Donor Darah Untuk Kesehatan Tubuh

Dengan melakukan donor darah anda sudah dapat menyelamatkan seseorang yang sedang membutuhkannya. Apapun jenis golongan darah anda, baik yang mempunyai golongan darah A,B,AB, serta O pasti akan selalu ada yang membutuhkan.

Untuk itu, Jika kondisi badan anda sehat jangan pernah ragu untuk mendonorkan darah anda. Karena satu kantong darah saja sudah dapat menyelamatkan nyawa seseorang yang sangat membutuhkannya.

Kegiatan mendonor darah selain bermanfaat bagi orang lain, namun bermanfaat juga bagi si pendonor. Berikut ini beberapa manfaat dari rutin donor darah untuk kesehatan.

1.    Sehatkan jantung
Tahukah anda jika dengan rutin melakukan donor darah dapat mengurangi kelengketan darah sehingga dapat membuat aliran darah lebih lancar dan baik untuk kesehatan jantung.
Dari hasil sebuah penelitian mengungkapkan jika seseorang yang rutin mendonorkan darahnya akan mempunyai resiko lebih renda mengalami serangan jantung sampai 85 persen di bandingkan dengan orang yang tidak pernah mendonorkan darah Darah.

2.    Menurunkan risiko kanker
Kelebihan zat besi dalam tubuh dapat meningkatkan radikal bebas serta dapat memicu kanker. Karena zat besi adalah salah satu mineral yang terdapat di dalam darah.
Maka dari itu, Jika anda rutin mendonorkan darah itu sama dengan  anda sedang mengurangi simpanan zat besi dalam darah serta dapat menurunkan resiko terkena kanker.

Bahkan hasil dari salah satu penelitian menyebutkan jika rutin mendonorkan darah sangat baik untuk kesehatan, karena dapat menurunkan resiko terkena kenker seperti kanker usus, kanker hati, kanker paru serta tenggorokan.

3.    Menurunkan berat badan
Rutin mendonorkan darah juga sangat bagus untuk anda yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan. Menurut Live Strong, Seseorang yang sedang mendonorkan darah bisa membakar kalori sampai 650 kalori setiap 1liter darahnya. Jumlah ini mungkin bisa lebih banyak dari pada melakukan lari selama 30 menit

Meskipun demikian bukan berarti melakukan donor darah pasti membuat berat badan kita menjadi turun. Tidak boleh melakukan donor darah secara berlebihan dengan harapan agar berat badan turun. Bagaimanapun tubuh memerlukan zat besi yang cukup untuk menunjang kinerja berbagai organ tubuh.


 Artikel terkait : Air Putih Menjadi Sangat Penting Bagi Pendonor Darah

Ada 7 Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan, apa saja manfaat melakukan donor darah, dampak positif jika kita melakukan donor darah, manfaat kesehatan melakukan donor darah

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar