> Menjaga Kesehatan Jiwa Anak Bisa dimulai Sejak Dalam Kandungan - BAYAR ZAKAT ONLINE

November 11, 2021

Menjaga Kesehatan Jiwa Anak Bisa dimulai Sejak Dalam Kandungan



Hikmahdanhikmah.com – Tahukah kita bahwa menjaga kesehatan jiwa anak bisa dimulai sejak dalam kandungan. Kita semua tahu bahwa kunci dari masa depan anak terletak pada proses tumbuh kembang baik fisik maupun psikisnya. Dengan memiliki fisik yang sehat dan emosi yang baik, maka anak bisa menjadi individu yang besar di masa depan.

Menurut salah seorang dokter spesialis kejiwaan anak mengatakan bahwa untuk mewujudkan kesehatan jiwa yang bagus pada anak sangat dipengaruhi oleh faktor biologis anak, psikologis dan sosial.

Untuk jenis faktor biologis, sebagai orang tua bisa memulainya sejak bayi dalam kandungan. Sedangkan untuk membentuk psikologis dan sosial anak, bisa dilakukan setelah bayi dilahirkan.

Untuk mencegah terjadinya gangguan kejiwaan pada anak, maka menurut salah seorang dokter spesialis kebidanan dan ginekologi seorang ibu selama hamil penting untuk memperhatikan asupan gizi yang mencapai 900 kalori perhari. Bukan hanya itu saja, sangat disarankan untuk menghindari konsumsi alkohol dan merokok saat hamil. Konsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat juga sangat penting untuk menjaga terjadinya kelainan otak pada bayi.

Apabila seorang wanita hamil terpapar oleh zat berbahaya seperti alkohol, rokok, maupun merkuri, maka bisa menyebabkan gangguan perkembangan pada anak yang dikenal dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) yang menyebabkan seorang anak menjadi sulit berkonsentrasi dan menjadi impulsif.
Bagi wanita yang hamil juga sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi obat secara sembarangan. 

Konsumsi obat jenis antidepresan dan anti epilepsi bisa menyebabkan gangguan kejiwaan pada anak.Untuk membentuk kesehatan jiwa anak sejak dilahirkan, maka sangat dipengaruhi oleh faktor psikologi dan sosial seperti cara mengasuh orang tua, lingkungan rumah anak, pengalaman hidup anak serta interaksi lingkungan sekitar tempat tinggal.

Percayakah kita bahwa pola asuh yang baik pada anak sangat menentukan kejiwaan anak. Dengan pola asuh yang baik, maka anak akan tumbuh dengan baik secara fisik dan psikologis.

Itulah cara membangun kejiwaan anak yang bisa dimulai sejak bayi dalam kandungan yang dilanjutkan sejak bayi dilahirkan yang sangat bergantung pada faktor psikologis, sosial dan pola asuh orang tua.

Artikel Terkait : Hal-hal Yang Menyebabkan Anak Menjadi Hiperaktif

cara membangun kesehatan jiwa anakMenjaga Kesehatan Jiwa Anak Bisa dimulai Sejak Dalam Kandungantips membuat kesehatan jiwa anak menjadi optimal

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar