Desember 23, 2021

Apabila seseorang ragu dalam bilangan rakaat shalatnya

Sumber gambar: https://umma.id/article/share/id/6/44366


Hikmahdanhikmah.com - Apabila seseorang ragu dalam bilangan rakaat shalatnya dan keraguan itu muncul setelah membaca salam, hal itu tidak akan mempengaruhi hukum sahnya shalat. Akan tetapi, jika keraguan itu muncul ketika sedang melaksanakan shalat, ia harus memilih bilangan rakaat yang paling sedikit lalu menambahkan satu rakaat karena itu merupakan tindakan yang lebih meyakinkan.

Misalnya, apabila seseorang ragu apakah dirinya telah melaksanakan satu atau dua rakaat ketika shalat Subuh, ia harus mengambil bilangan rakaat yang paling sedikit. Lalu, ia menambahkan satu rakaat kembali tanpa melakukan duduk tasyahud akhir sebelumnya. Setelah itu, sebelum salam, ia disunahkan melakukan sujud sahwi.

Apabila seseorang yang baru memulai melaksanakan shalat fardu empat rakaat ragu apakah dirinya telah melakukan satu rakaat atau dua rakaat, ia harus menganggap dirinya baru melakukan satu rakaat. Kemudian, ia melanjutkan rakaat-rakaat selanjutnya sebagaimana mestinya dan disunahkan melakukan sujud sahwi sebelum memberi salam.

Apabila seseorang ragu apakah dirinya sedang mengerjakan rakaat kedua atau ketiga, ia harus menganggap rakaat itu adalah rakaat kedua dan melaksanakan duduk tasyahud awal pada rakaat tersebut, kemudian melanjutkan rakaat-rakaat selanjutnya sesuai jumlah rakaat shalat yang dikerjakannya. Lalu, setelah tasyahud akhir dan sebelum salam, ia disunahkan melaksanakan sujud sahwi.

Apabila seseorang ragu apakah dirinya telah melaksanakan empat rakaat atau lima rakaat dalam shalat-shalat yang berjumlah empat rakaat, atau ragu apakah dirinya sedang melakukan rakaat kedua atau ketiga dalam shalat Subuh, atau ragu apakah dirinya sedang melaksanakan rakaat ketiga atau keempat dalam shalat Magrib, di akhir rakaat tersebut ia duduk untuk tasyahud akhir dan disunahkan melakukan sujud sahwi sebelum salam.

Sumber artikel : Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar