Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesetaraan Kaum Perempuan dalam Kebaikan


Hikmahdanhikmah.com - Suatu hari, Asma binti Yazid (R.Anha) datang ke hadapan Rasulullah SAW. Ketika itu, Rasulullah SAW sedang bersama para sahabatnya. Kemudian, Asma (R.Anha) memulai berbicara seperti ini,

“Wahai Rasulullah, kurelakan ayah dan ibuku demi dirimu! Aku datang kepadamu mewakili para perempuan. Allah SWT telah mengirimmu kepada kelompok laki-laki dan perempuan. Kami beriman kepada engkau dan kepada Allah SWT. Akan tetapi, kami semua hanya tinggal di rumah kami masing-masing, merawat anak-anak kalian, dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan kalian. 

Adapun kalian, para lelaki, mendapatkan keunggulan atas kami dalam beberapa hal. Kalian dapat mengikuti shalat Jumat dan shalat berjamaah, menjenguk orang yang sakit, bertakziah, serta menunaikan ibadah haji dan umrah. 

Di samping itu, yang lebih pentingnya lagi, kalian berjihad di jalan Allah. Adapun ketika kalian pergi untuk menunaikan ibadah haji, umrah, atau berjihad, kami melindungi harta kalian, menenun pakaian kalian, dan menjaga serta mendidik anak-anak kalian. Dengan semua ini, dapatkah kami memperoleh kebaikan dan pahala yang sama dengan kalian?” Atas hal ini, Rasulullah SAW menoleh kepada para sahabatnya seraya berkata,

“Apakah sebelumnya kalian pernah mendengar seseorang yang bertanya mengenai hal-hal yang berkaitan dengan agamanya yang lebih baik daripada perempuan ini?” Para sahabat pun berkata, “Menurut kami, tidak ada orang yang dapat berkata sejelas dan sebagus ini.”

Kemudian, Rasulullah SAW menoleh ke arah Asma (R.Anha) dan bersabda, “Wahai perempuan, ketahuilah dan sampaikanlah kepada para perempuan yang engkau wakili bahwa apabila seorang perempuan melaksanakan keinginan-keinginan suaminya, membantunya dalam melakukan persiapan ibadah-ibadah tersebut, dan menjalin hubungan baik dengannya, niscaya (pahala) ini semua setara dengan seluruh pahala laki-laki yang kau sebutkan.”

Karena senangnya mendengar kabar gembira itu, Asma (R.Anha) kembali ke rumahnya (sembari mengucapkan Allaahu Akbar dan Laa ilaaha illallaah).

Sumber artikel:Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Kesetaraan Kaum Perempuan dalam Kebaikan"

banner 800x90