Juli 19, 2022

Hikmah dibalik sakit seorang hamba



Hikmahdanhikmah.com - Hikmah dibalik sakit seorang hamba , Sakit adalah sesuatu yang tidak bisa dipungkiri siapapun mengalami namun tentunya terdapat hikmah dibalik itu semua.

Allah SWT berfirman dalam QS Bacaan surah Al Insyirah ayat 1-8 
  1. أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ a lam nasyraḥ laka ṣhadrak Artinya: "Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?"
  2.   وَوَضَعْنَا عَنكَ وِزْرَك wa waḍha’nā ‘anka wizrak Artinya: "dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu." 
  3. ٱلَّذِىٓ أَنقَضَ ظَهْرَكَ ; alladżī angqaḍa ẓahrak Artinya: "yang memberatkan punggungmu?" 
  4.  وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ wa rafa’nā laka dżikrak Artinya: "Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu" 
  5.  فَإِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا fa inna ma’al-‘usri yusrā  Artinya: "Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan" 
  6.  إِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا  inna ma’al-‘usri yusrā Artinya: "Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan." 
  7. فَإِذَا فَرَغْتَ فَٱنصَبْ  fa idżā faraghta fanṣhab  Artinya:  "Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain." 
  8. وَإِلَىٰ رَبِّكَ فَٱرْغَب  wa ilā rabbika farghab Artinya: "Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap."


Syeikh Muhammad Haqqi An Nazili dalam kitabnya Khazinatul Asror, seperti dikutip Pustaka Ilmu Sunni-Salafiyah (PISS-KTB) mengungkapkan beberapa keutamaan Surat Al Insyirah.

  • Barang siapa membaca surat alam nasyrah maka laksana sowan kepada Rasulullah yang mana Rasulullah dalam keadaan susah maka Rasulullah menjadi bergembira.
  • Barang siapa membaca Surat Alam Nasyrah setiap habis shalat lima waktu maka Allah memudahkan urusannya dan melapangkan atau menghilangkan kesedihannya dan mendapatkan rizki dari jalan yang tidak di sangka-sangka.
  • Sebagian ulama berkata membaca surat alam nasyroh itu memudahkan rizki, melapangkan dada, menghilangkan kesulitan dalam segala urusan dan menghilang rasa malas dalam beribadah dan kegagalan dalam mata pencaharian.

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar