> Nasehat-nasehat Imam Abu Yusuf RH kepada Khalifah Harun - BAYAR ZAKAT ONLINE

Maret 23, 2023

Nasehat-nasehat Imam Abu Yusuf RH kepada Khalifah Harun


Hikmahdanhikmah.com - Khalifah Bani Abbasiyah Harun Ar-Rasyid meminta ketua kadinya, Imam Abu Yusuf RH, untuk menulis sebuah kitab yang menjelaskan prinsip-prinsip agama mengenai harta-harta yang dikumpulkan dari masyarakat seperti ‘usyr (sepersepuluh bagian harta yang dikeluarkan dari hasil pertanian sebagai zakat) agar tidak terjadi kezaliman.

Imam Abu Yusuf RH pun menulis sebuah karya yang bernama Kitābul Kharāj. Pada bagian awal karyanya tersebut, beliau menulis beberapa nasihat untuk khalifah. Sebagian isi nasihat tersebut adalah sebagai berikut.

Wahai Amirul Mukminin, perhatikanlah urusan semua orang yang Allah SWT telah bebankan atas dirimu dengan sebaik mungkin. Ikutilah selalu perintah Allah SWT dalam mengerjakan urusanmu dan janganlah kau memikirkan hal yang lain. Jika tidak, kau tidak akan mengetahui jalan hidayah yang luas, mudah, dan jelas serta kau akan kesulitan dalam mengikuti jalan tersebut.

Tundukkanlah nafsumu kepada Allah SWT dan cegahlah ia dari sibuk dengan keinginan-keinginannya yang salah dan segala sesuatu selain Allah SWT. Sebab, semua orang bertanggung jawab untuk menjaga orang-orang yang ia lindungi dari tempat-tempat yang berbahaya dan membawa mereka ke tempat yang dituju dengan selamat - dengan izin Allah SWT.

Baca juga : Cara Melawan Napsu dua kutub berlawanan yang ingin menguasai badan.

Apabila seseorang tidak memperhatikan mereka padahal ia mampu sehingga sebagian mereka tersesat, niscaya ia akan dimintai pertanggungjawabannya. Oleh sebab itu, kau harus berusaha keras menjaga orang-orang yang berada dalam tanggung jawabmu agar tidak tersesat sehingga kau tidak akan malu dan celaka ketika Allah SWT meminta pertanggung jawabanmu mengenai mereka.

Kau akan memperoleh hasil yang baik dan sukses dalam setiap pekerjaan yang kaulakukan sesuai dengan perintah Allah SWT. Namun, jika kau meninggalkan kewajibanmu, kau akan merugi. Jika kau lalai dan melupakan kewajibanmu, niscaya kau pun akan dilupakan.

Jangan mempekerjakan orang-orang yang tidak ahli dan tidak dapat dipercaya. Sebab, menyerahkan urusan rakyat kepada mereka akan mengakibatkan kerusakan secara umum.

Jangan sia-siakan waktu yang telah ditentukan untukmu di dunia. Sibukkan dirimu dengan berzikir, bertasbih, bertahlil, dan bertahmid kepada Allah SWT. Perbanyaklah membaca shalawat kepada Rasulullah SAW.

Baca juga : Syafaatku untuk seluruh umat muslim.

Ikutilah jalan salafus shalihin (ashabul kiram, tābi’īn, dan para tokoh besar agama) dan hidupkanlah sunah-sunah Rasulullah SAW. Sebab, seseorang akan memperoleh derajat dan pahala yang sangat besar ketika menghidupkan sunah Rasulullah SAW. Menghidupkan sunah adalah sebuah kebaikan yang sangat besar yang pahalanya akan terus mengalir sampai akhirat dan tidak akan Pernah habis. 

(sumber Artikel fazilet takvimi )

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar