Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khutbah wada Rosululoh Saw

Hikmahdanhikmah.com - KHUTBAH WADA RASULULLAH SAW: Wahai manusia, dengarkanlah dengan baik perkataanku ini. Aku tidak tahu, mungkin setelah tahun ini aku tidak akan bisa berjumpa dengan kalian lagi di sini untuk selamanya.


Wahai manusia, sebagaimana hari-hari ini adalah hari yang mulia, sebagaimana bulan-bulan ini adalah bulan yang mulia, sebagaimana kota kalian ini (Makkah) adalah kota yang mulia, nyawa, harta, dan kehormatan kalian pun mulia, kalian semua terlindung dari segala macam serangan.

Wahai para sahabatku, esok kalian akan bertemu dengan Rabb kalian dan akan dimintai pertanggungjawaban dari seluruh keadaan dan perbuatan kalian. Berhati-hatilah, jangan sampai kalian kembali pada kesesatan lama, lalu kalian saling membunuh satu sama lain. Orang-orang yang berada di sini harus menyampaikan wasiatku ini kepada orang-orang yang tidak ada di sini. Mungkin saja orang-orang yang diberi tahu itu lebih memahami dan dapat menjaganya (wasiatku ini) daripada orang-orang yang berada di sini dan mendengarkannya langsung.

Wahai para sahabatku, barang siapa memegang sebuah amanah, hendaknya ia memberikan amanah itu kepada pemiliknya. Wahai manusia, aku mewasiatkan kalian untuk memperhatikan hak-hak wanita dan takut kepada Allah SWT dalam hal ini. Kalian telah menikahi para wanita sebagai amanah Allah SWT. Kemudian, kalian telah menghalalkan kehormatan mereka dengan berjanji atas nama Allah SWT. Maka, terdapat hak-hak kalian pada istri-istri kalian dan juga terdapat hak-hak mereka pada diri kalian.

Wahai orang-orang mukmin, aku meninggalkan dua hal untuk kalian. Selama kalian berpegang teguh pada dua hal tersebut, kalian tidak akan tersesat di jalan. Dua hal itu adalah kitabullah (Al-Quran) dan sunahku. Seorang muslim adalah saudara muslim lainnya. Dengan demikian, semua umat muslim itu bersaudara.

Hak apa pun yang dimiliki oleh saudara seagama kalian itu tidaklah halal bagi yang lainnya (kecuali sesuatu yang diberikan oleh dirinya sendiri dengan tulus).

Rasulullah SAW bertanya, “Wahai manusia, pada hari kiamat nanti kalian akan ditanyai mengenai diriku, apakah yang akan kalian katakan?” Para sahabat pun menjawab, “Kami akan bersaksi bahwa engkau telah menyampaikan risalah Allah SWT, menjalankan tugas kenabianmu, serta memberikan wasiat dan nasihat kepada kami.” Maka dari itu, Rasulullah SAW pun mengangkat jarinya ke langit lalu mengarahkannya kepada para sahabat seraya berkata, “Saksikanlah, ya Rabb,” sebanyak tiga kali.

Wahai manusia, setelah memanjatkan puji syukur, takbir, dan tahlil kepada Allah SWT, aku katakan kepada kalian, “Dengarkanlah dengan baik perkataan-perkataan nabi kalian yang telah mengikat kalian dengan kitabullah dan taatlah kepadanya.

Sumber artikel : Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Khutbah wada Rosululoh Saw"

banner 800x90