> Seberapa Besar Sosial Media Mempengaruhi Kesehatan Mental ? - BAYAR ZAKAT ONLINE

Juli 04, 2022

Seberapa Besar Sosial Media Mempengaruhi Kesehatan Mental ?

sumber gambar : Tabloidbintang.com


Hikmahdanhikmah.com – Tahukah kita bahwa berdasarkan hasil sebuah survei menyebutkan bahwa dua pertiga pengguna media sosial menyebutkan bahwa apa yang mereka kirim adalah sebuah bentuk manipulasi realitas. Survei ini telah dilakukan sebuah situs yang bernama Penocurage.
Kebanyakan orang akan hanya menampilkan foto-foto tentang hal yang positif saja, namun seperti saat anda mengalami jerawat tak pernah anda tunjukkan di media sosial. Hal ini akan terkesan anda adalah sosok yang menarik.

Berikut beberapa pengaruh media sosial bagi kesehatan mental manusia :

Amnesia digital
Pengaruh besar media sosial bagi kesehatan mental seseorang bisa menyebabkan amnesia digital. Hal ini disebabkan  karena kebanyakan apa yang ditampilkan dalam media sosial adalah sebuah kebohongan yang tidak sesuai dengan kenyataan.

Apabila anda semakin sering menampilkan hal semacam itu pada media sosial, maka menurut para pakar kesehatan akan menyebabkan otak kita berjuang dalam memisahkan antara hal yang fakta dan fiksi.

Banyak orang yang sering menggunakan media sosial justru akan merasakan kecemasan yang membuatnya tidak tenang. Hal ini secara tidak langsung akan mempengaruhi kesehatan baik fisik maupun mental.

Baca Juga : Ternyata hasil survei hidup tanpa media-sosial akan lebih bahagia.

Selain itu orang yang sering kali menggunakan media sosial kerap mempunyai perasaan yang negatif terhadap orang lain maupun teman dekat. Kondisi ini lebih disebabkan karena adanya kompetisi tentang apa yang ditampilkan dalam media sosial.

Facebook tak sepenuhnya memberi efek negatif
Dalam sebuah hasil studi yang dilakukan di Jerman menyebutkan bahwa orang yang banyak menghabiskan waktu di Facebook yang hanya untuk mencari tahu profil orang lain akan membuat seseorang menjadi cemas, irihati dan merasa kesepian.

Kebanyakan mereka akan menganggap bahwa hidup yang sedang dialaminya tampak kurang beruntung dibandingkan dengan orang lain atau teman yang ada di media sosial.
Sebenarnya media sosial tidak pasti memberikan pengaruh mental yang buruk. Dalam sebuah hasil studi yang lain menyebutkan bahwa orang yang sering menggunakan media sosial dan banyak melakukan interaksi dengan orang lain dan tidak melakukan mata-mata terhadap kehidupan orang lain justru akan membuat emosi yang lebih baik.

Jadi menurut para pakar yang terpenting adalah selektif dalam membaca sebuah konten yang ada di media sosial. Anda juga bisa bergabung dalam sebuah komunitas yang mendukung seperti komunitas ibu-ibu pecinta masakan yang bisa memberikan manfaat dan motivasi yang positif bagi kita.

Artikel Terkait : berikut dampak psikologis akibat Kecanduan Sosial Media.

dampak buruk media sosial bagi kesehatan mental, dampak negatif facebook bagi kesehatan mental, efek psikologis media sosial, pengaruh media sosial bagi kesehatan mental, pengaruh sosial media terhadap psikologis, Seberapa Besar Sosial Media Mempengaruhi Kesehatan Mental

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar