September 17, 2022

Membaca Status Negatif di Media Sosial Bisa Merusak Mental Seseorang

sumber gambar : okezone.com

Hikmahdanhikmah.com – Bagi kita yang tidak lepas dengan media sosial, melihat status orang lain yang bernada negatif bukan hal yang asing lagi. Hal ini sering kali kita jumpai baik itu menghina orang lain, kesal dengan orang lain atau memfitnah orang. Ternyata hal ini bisa merusak kesehatan mental atau psikologis seseorang.

Menyikapi hal yang demikian, maka menurut seorang pakar Emosional Quotient (EQ) mengatakan bahwa seseorang yang setiap harinya sering melihat status media sosial yang berbau negatif, maka secara alami akan menyebabkan pola pikir yang ikut negatif pula.

Maka tidak jarang orang yang merasa kesal atau berpikir negatif setelah melihat media sosial. Menurut para pakar mengatakan bahwa apa yang dipikirkan seseorang akan bisa berpengaruh pada emosinya, selanjutnya akan mempengaruhi cara bertindak seseorang.

Hal yang terjadi sebaliknya, apabila dalam media sosial kita sering melihat status yang positif, maka secara otomatis akan membuat pikiran kita menjadi positif juga, yang kemudian mempengaruhi emosi dan terakhir membuat tindakan atau perilaku kita menjadi positif juga.

Seseorang yang sering dilihatkan dengan sesuatu yang negatif misalnya pada status media media sosial, maka akan mempengaruhi cara interaksi atau menilai orang lain dengan negatif pula. Hal ini yang membuat seseorang suka mencari hal negatif dari orang lain.

Baca Juga : Alasan Banyak Orang Suka Narsis dan Pamer di Media Sosial

Coba bayangkan jika kita setiap hari melihat status media seseorang yang cenderung negatif, pasti pola pikir, emosi dan perilaku kita cenderung akan negatif pula. Kita akan menjadi orang yang pesimis dan suka mencurigai orang lain.

Oleh karena itu bagi anda yang sangat suka menggunakan media sosial untuk bisa melatih membuat sebuah status yang bernada positif. Jangan suka membuat status yang negatif, menghina orang lain, menjelek-jelekan orang, menebar fitnah yang belum jelas atau hal negatif lainnya. Bermain medis sosial memang memberi banyak manfaat, namun dibalik itu bisa menjadi sebuah alat perusak mental seseorang.

Artikel Terkait : Dampak Psikologis Akibat Kecanduan Media Sosial

bahaya status negatif pada media sosial, dampak buruk media sosial bagi kesehatan mental, efek buruk status negatif di media sosial, hal-hal yang bisa merusak mental, Membaca Status Negatif di Media Sosial Bisa Merusak Mental Seseorang, status media sosial bisa berpengaruh pada mental seseorang, tips menjaga kesehatan mental

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar