> Sholat adalah tiang agama - BAYAR ZAKAT ONLINE

Februari 12, 2023

Sholat adalah tiang agama

Sholat adalah tiang agama 


Hikmahdanhikmah.com - Dalam sebuah maktubnya, Imam Rabbani KS berkata sebagai berikut,“Ketahuilah bahwasanya setiap orang harus mengerjakan amal-amal saleh sebagaimana ia harus memperbaiki akidahnya (sesuai dengan akidah Ahlussunah wal Jamaah). Ibadah yang mencakup semua ibadah lainnya dan paling mendekatkan diri pada rahmat Allah SWT adalah shalat.

Sebab, Rasulullah SAW bersabda, “Shalat adalah tiang agama. Barang siapa mendirikan shalat, berarti dia telah mendirikan agamanya, dan barang siapa meninggalkan shalat, berarti dia telah menghancurkan agamanya.”

Orang yang terus-menerus mengerjakan shalat akan terhindar dari segala keburukan, yaitu segala sesuatu yang dianggap buruk oleh agama, adat, dan tradisi. Pernyataan tersebut telah diperkuat oleh firman Allah SWT dalam surah Al-Ankabut ayat 45 yang berbunyi, 

“Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar (segala sesuatu yang dilarang dan dianggap buruk oleh akal dan agama).” Shalat yang tidak mencegah seseorang dari perbuatan maksiat dan dosa bukanlah shalat yang hakiki, melainkan shalat yang hanya berupa gerakan saja.

Akan tetapi, seseorang tidak boleh meninggalkan ibadah shalat tersebut sampai memperoleh hakikat shalat. Sebab, sesuatu yang belum bisa dilakukan dengan sempurna tidak boleh ditinggalkan sepenuhnya. Allah SWT Yang Maha Pemurah mungkin saja menghargai shalat tersebut dan menerimanya sebagai shalat yang hakiki. Oleh sebab itu, kalian teruslah berusaha melaksanakan shalat secara berjamaah dengan khusyuk dan tawadhu. Sebab, shalat akan membawa seseorang pada keselamatan dan keberuntungan.

Baca juga ; Sholat adalah Mirajnya orang mukmin.

Dalam surah Al-Mukminun ayat 1-2, Allah SWT berfirman, “Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, (yaitu) orang yang khusyuk dalam shalatnya.”

Kesimpulannya, seseorang harus terus melakukan amal saleh meskipun ada kemungkinan tidak diterima. Bukankah kita menyaksikan bahwasanya sedikit usaha dan perjuangan dari pasukan saat musuh menguasai medan perang telah membuat mereka memperoleh kemenangan yang sangat besar. Demikian pula, segala sesuatu yang dilakukan oleh para pemuda, yang mengerjakan amal saleh dan menyibukkan diri dalam ibadah dan taat pada masa remaja yang tentunya nafsu lebih dominan, akan membuatnya memperoleh pahala yang besar di sisi Allah SWT.

Baca juga : Inilah Hikmah Hikmah yang terdapat dalam Rukun Sholat.

Ashabul kahfi memperoleh seluruh keutamaan di sisi Allah SWT karena mereka tidak tunduk pada musuh-musuh agama dan berhijrah untuk memperoleh ridha Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, “Beribadah pada masa merebaknya fitnah dan kekacauan adalah seperti berhijrah kepadaku.” (Maktubat Imam Rabbani, Jilid 1, maktub ke-85, Penerbit Fazilet) sumber artikel: fazilet takvimi 

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar